Jumat, 10 Februari 2017

MASALAH KEGEMUKAN DAN CARA MENGATASI yang PALING AMPUH dan EFEKTIF

Masalah Kegemukan

Masalah kegemukan dan cara mengatasi yang paling ampuh dan tentunya paling efektif saat ini sedang dicari-cari banyak orang yang terkena masalah tersebut. Memang masalah kegemukan ini menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Yang sangat sering dikeluhkan karena mengganggu aktifitas dan juga kesehatan.
Yang dimaksud dengan kegemukan adalah suatu kondisi di mana terdapat lemak yang berlebih di tubuh seseorang. Kelebihan lemak tersebut sudah tertimbun sejak lama sehingga menimbulkan berbagai macam dampak yang negatif terhadap orang yang mengalaminya.
Masalah kegemukan bisa dialami oleh siapa saja, baik kaum pria maupun para wanita. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang yang sudah berusia lanjut.
Kegemukan biasanya mendatangkan efek buruk bagi kesehatan seseorang. Selain itu juga dapat mengganggu kehidupan orang tersebut. Orang yang mengalami kegemukan sering sekali merasa rendah diri. Kepercayaan diri mereka menjadi menurun bahkan terkadang tidak ada sama sekali. Tubuh yang gemuk juga bisa membuat ketidaklancaran dalam segala aktifitas yang kita lakukan.
Ada ukuran yang membuat seseorang dikatakan menderita kegemukan. Apabila terjadi kelebihan seberat 30 kilogram per meter perseginya pada saat diukur berat badan seseorang dalam kilogram yang dibagi dengan kuadrat tinggi badannya dalam meter persegi maka orang tersebut bisa disebut mengalami obesitas.
Terkena berbagai macam penyakit adalah resiko yang harus dihadapi mereka yang bertubuh gemuk. Mereka memiliki peluang yang sangat besar untuk terserang penyakit-penyakit berat yang mematikan. Seperti penyakit jantung, penyakit kanker, penyakit darah tinggi, penyakit kencing manis atau penyakit gula atau diabetes dan penyakit asma.

Ada banyak hal yang membuat seseorang bisa mengalami kegemukan. Di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Terjadi kelebihan asupan makanan ke dalam tubuh
  2. Aktifitas atau kegiatan fisik yang sangat kurang bahkan terkadang tidak ada sama sekali
  3. Faktor genetik atau keturunan
  4. Endoktrin yang mengalami gangguan
  5. Karena sedang mengkonsumsi obat-obatan
  6. Kekurangan tiroid sehingga lemak sangat susah untuk terbakar. Nafsu makanpun bisa                meningkat karenanya.
  7. Sedang memakai alat kontrasepsi (bagi wanita)
  8. Sudah memasuki menopause (bagi wanita). Seorang wanita yang sudah mengalami menopause cenderung memiliki nafsu makan yang banyak.
  9. Tengah mengandung dan juga menyusui (bagi wanita)
  10. Kurangnya memiliki waktu tidur yang cukup. Membuatnya mengemil makanan yang tidak sehat sehingga menyebabkan kegemukan.

Masalah kegemukan ini menjadi masalah yang cukup serius yang dialami oleh negara kita tercinta Indonesia. Karena menurut riset yang diadakan pada tahun 2013, Indonesia berada di urutan nomor 10 dalam negara yang penduduknya mengalami masalah kegemukan. Di antara jumlah penduduk dunia sejumlah 2,1 milyar yang menderita kegemukan maka Indonesia memiliki 40 juta orang.
Sungguh suatu kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Untuk itulah harus dicari cara untuk mencegah masalah tersebut, yaitu masalah kegemukan dan cara mengatasi yang paling mujarab, paling aman serta paling praktis.

Cara Paling Manjur dalam Mengatasi Masalah Kegemukan

Masalah kegemukan dan cara mengatasi yang paling manjur harus kita dapatkan supaya masalah kegemukan ini bisa tertangani dengan secepat mungkin. Karena kalau tidak mendapatkan penanganan segera akan menimbulkan ancaman bagi kesehatan dan bagi kehidupan kita.
Orang gemuk memiliki gerakan yang terbatas. Orang yang bertubuh gemuk akan susah sekali berlari. Jangankan untuk berlari, untuk berjalan sudah sangat kesusahan. Mereka juga akan kesulitan dalam mencari pakaian yang sesuai untuk dikenakan, yang pas untuk ukuran tubuhnya.
Karena berbagai macam hambatan inilah yang sering kali menimbulkan perasaan sensitif pada mereka yang menderita kegemukan. Emosinya menjadi tidak stabil. Mereka jadi sering marah dan menjadi orang yang mudah sekali tersinggung.
Banyak sekali masalah yang akan kita hadapi apabila kita mengalami kegemukan. Untuk itulah harus dicari cara yang paling manjur untuk mengatasinya. Dan cara-cara tersebut adalah sebagai berikut :
  • Dengan melakukan olah raga. Syaratnya adalah kedisplinan. Kita dituntut untuk serius berolah raga, secara teratur. Paling tidak kita lakukan tiga kali dalam seminggu. Sekali berolah raga menghabiskan waktu paling lama satu jam. Dimulai dari olah raga yang ringan terlebih dahulu, seperti berjalan kaki mengelilingi lingkungan tempat tinggal kita. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan berlari atau mengangkat alat-alat berat.
  • Sesering mungkin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayur-sayuran hijau. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang berserat membuat kita masih merasakan kenyang dalam waktu yang lama sehingga demikian rasa lapar dapat kita tahan lebih lama lagi. Bisa menekan nafsu makan kita. Kolesterol jahat bisa berkurang kadarnya. Kalori yang terdapat di dalam makanan berserat juga rendah.
  • Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berkadar protein tinggi. Karena dengan demikian kita akan merasakan kekenyangan lebih lama lagi.
  • Minum air putih sebanyak-banyaknya. Paling tidak kita minum sebanyak 8 gelas dalam sehari. Karena perut sudah penuh terisi air maka keinginan kita untuk makan menjadi terkendalikan.
  • Kurangi waktu untuk mengemil. Terutama di malam hari sebelum tidur. Kalaupun ingin mengemil usahakan mengemil makanan yang rendah kadar lemak dan kalorinya. Misalnya buah-buahan.
  • Makan secara teratur 3 kali setiap harinya.Tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan. Apa yang kita konsumsi nantinya sudah mengandung unsur empat sehat lima sempurna.


Masalah kegemukan memang menjadi masalah yang cukup serius karena bisa mendatangkan banyak dampak yang buruk. Sehingga harus ditangani dengan segera masalah ini, masalah kegemukan dan cara mengatasi yang paling baik dan paling efisien.