Senin, 16 Januari 2017

Bahaya Lemak Yang Menumpuk di Dalam Perut


Perut yg buncit pasti akan merubah penampilan seseorang dan bianya dirasa mengganggu penampilannya. Akibatnya akan muncul rasa kurang percaya diri atau minder. Dan terlebih bukan cuma masalah penampilan saja, akan tetapi juga akan menjadi sumber masalah pada kesehatan.
Lalu pertanyaannya mengapa perut bisa cepat menyimpan lemak dan menjadi besar? Perut besar/buncit dikarenakan terjadinya penumpukan lemak pada organ-organ pencernaan yg sudah pasri berada pad bagian perut. Lemak perut ini terpilah menjadi 2 jenis, yaitu :
1.       Lemak subkutan.
Lemak subkutan ini adalah lemak yang bersemayam dan menumpuk  bawah kulit, secara kasat mata jelas,bisa dicubit dan kelihatan.
2.       Lemak visceral
Lemak ini  tempatnya ada di sekitar organ dalam tubuh kita sehingga tidak terlihat. Lemak  inilah yang selalu dikaitkan konotasi gendut/ buncit pada perut.Lemak visceral ini tergolong berbahaya karena dapat menjadi pemicu munculnya berbagai macam penyakit.Keberadaannya lemak viseral ini cukup sulit untuk dibuang atau dihilangkan.

Bahaya Lemak Yang Menumpuk di Dalam Perut
Pada orang  laki-laki akan dinyatakan menderita obesitas / kegeddutan jikalaumemiliki  lingkar pinggang lebih dari 90 cm. Adapun pada orang  perempuan,dikatakan gendut/ obesitas jika lingkar pinggangnya di atas 80 cm.
Nah, bagi Anda yang memiliki perut  gednut karena penumpukan lemak di dalamnya, sebaiknya  Anda berhati dan wajib waspada, karena di dalam tubuh Anda menyimpan banyak potensi dan resiko gangguan kesehatan yg lebih mudah timbul.
Mengapa Lemak viseral merupakan tipe lemak yg paling berbahaya ? Karena tumpukan  lemak viseral di dalam tubuh dapat  mengeluarkan senyawa peradangan serta  hormon yang bisa mengganggu system metabolisme tubuh.Senyawa peradangan – peradangan tersebut juga dinamakan sitokin. Senyawa ini dapat menjadi penyeban timbulnya  peradangan ringan pada tubuh sehingga meningkatkan risiko terkena  penyakit jantung.

Selaain senyawa perdangan juga ada senyawa lain yang dimunculkan oleh lemak viseral , yaitu asam lemak bebas. Asam lemak bebas ini akan bergerak masuk ke dalam hati dan akan menjadi pemicu banyak perubahan, yaitu dapat meningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik ( fitosterol ). Itulah penjelasannya kenapa jika berperut buncit berpotensi meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi. Ditambah lagi asam lemak bebas yg dapat menyebabkan insulin akan berkurang efektifitasnya  dalam mengontrol kadar  gula darah, sehingga berpotensi  terkena  diabetes.

Masih ditambah lagi  lemak pada perut buncit akan mengganggu metabolism / sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Jantung akan berkerja lebih berat memompa darah, sehingga  dapat beresiko terkana tekanan darah tinggi, seranga jantung dan juga stroke. Karena jika lemak berlebihan dalam organ tubuh mengakibatkan pembuluh darah akan menyempit bahkan tersumbat, sehingga laju peredaran darah terganggu (angiotensin )
Demikianlah , uraian tentang Bahaya Lemak Yang Menumpuk di Dalam Perut, semoga dapat menambah wawasan Anda dalam menjalani kehidupan dan menjaga kesehatan agar senantiasa baik dan prima.

Pada artikel selanjutnya akan kami share bagaiman cara yg paling mudah dan aman untuk mengecilkan perut yang buncit.